___"The Strokes"___

___"The Strokes"___
Neo Garage

Kamis, 18 Desember 2008

Album The Strokes Paling Powerful, So Far


Judul album: First Impression of Earth

Artis: The Strokes


Setelah 3 tahun absen usai rilis album ketiga Room on Fire (2001), The Strokes kembali menebar hype lewat First Impression of Earth. Banyak pengamat sudah berani acung jempol, bahkan sebelum mendengar satu singel pun. Wah!


Selain Franz Ferdinand, rasanya The Strokes-lah salah satu band yang paling sering kena sorot kritikus musik sepanjang tahun 2000 ini. Tak berlebihan apabila predikat the darlings of critics dialamatkan pada band yang dipunggawai Julian Casablancas (songwriter/ frontman), Nick Valensi (gitar), Albert Hammond Jr. (gitar), Nikolai Fraiture (bas) dan Fab Moretti (dram) ini.


Lalu apa istimewanya The Strokes?


Tidak seperti Franz Ferdinand, musik The Strokes mengalami peningkatan mencolok ketimbang sekadar memperdengarkan apa yang sudah jadi kekuatan mereka, berkali-kali. Banyak fans menilai, First Impression of Earth album yang paling powerful dibandingkan Is This It (2001) dan Room on Fire. Perbedaaan First Impression of Earth memang tidak gila-gilaan, tapi yang jelas lebih dari sekedar sama. Selain tahu formula terbaik dan stick to it, kekuatan band ini juga terletak pada koleksi lagu yang catchy dan, most of all, lirik yang well-written.


Dalam Impression, The Strokes mengerahkan semua sisi artistik yang mereka punya. You Only Live Once membuka album dengan komposisi yang keren punya. Temponya up-beat rock dengan chorus melodius dan solo gitar yang "menggembrak".


Juicebox mengingatkan kita pada lagu latar film-flm James Bond. Menarik dan tak terduga. Sajian rock yang asyik cukup terwakili oleh Heart in a Box, tapi lebih dahsyat lagi di Electricityscape, yang free-flowing solo gitarnya membuat lagu ini bersinar-sinar.


Razorblade lumayan bagus, walau interfensi pop-nya cukup mengganggu. Sementara On The Other Side yang funky dan danceable rasanya bakal jadi kontender paling tangguh untuk singel berikutnya.


Vision of Division yang sangat laid back, cukup mengharu-biru pendengar. Intro Ask Me Anything yang membawa kita pada era Sweet Child O' Mine-nya Guns n' Roses, menawarkan atmosfer baru, sama seperti tekad mereka untuk menawarkan something different di 15 Minutes. Dan meski kurang memorable, tapi Killing Lies tetap enak didengar.


Fear of Sleep mengkombinasikan permainan gitar Nick Valensi dan Albert Hammond Jr. yang catchy. Dalam Evening Sun, yang mengingatkan kita pada Who Loves The Sun-nya Velvet Underground, sedikit banyak memperlihatkan pengaruh Lou Reed pada The Strokes, terutama Julian Casablancas yang menulis mayoritas lagu di album ini.


First Impression of Earth adalah album eksperimen The Strokes yang rapi. Dan walaupun tidak pernah disebut sebagai salah satu dari "dewa gitar", Nick Valensi dan Albert Hammond Jr. kaya dengan nomor-nomor solo yang cukup stand out. Salut dan recommended.



Tidak ada komentar: